Launcing dan Seminar Jurnal Mahasiswa Fakultas Hukum UMPalembang

Launcing dan Seminar Jurnal Mahasiswa ( Marwah Hukum )  Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Palembang dengan Tema ” Peningkatan Kualitas Publikasi Mahasiswa melalui pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah.

 

Acara di buka langsung oleh Dekan Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Palembang Bpk. Dr. Nur Husni Emilson,SH.,Sp.N.,MH

Pembacaan Ayat Suci Al’Quran oleh H. Fauzi Anwar,S.Ag.,SH

 

Dekan Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Palembang Dr. Nur Husni Emilson, S.H., S.pN., M.H., melaunching jurnal mahasiswa “Marwah Hukum” pada Jumat (4/11/2022) yang bertempat di Aula Fakultas Hukum.

Dalam launching tersebut, turut digelar Seminar Peningkatan Kualitas Publikasi Mahasiswa Melalui Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dengan narasumber Dr. Reny Okprianti, S.H., M.Hum., Reviewer Jurnal Mahasiswa “Marwah Hukum”, Kamal Fahmi, S.H., M.H., Editorial Board Jurnal Hukum Saburai “Justicia Sains”, dan Hasanal Mulkan, S.H., M.H., Kepala Redaksi Jurnal Mahasiswa “Marwah Hukum”.

Dr. Nur Husni Emilson, S.H., S.pN., M.H., mengatakan bahwa jurnal mahasiswa “Marwah Hukum” ini merupakan jurnal yang dibuat dan diperuntukkan bagi mahasiswa Program Strata I (S1) yang sebagian besar diisi karya mahasiswa mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Palembang.

Untuk itu, Dr. Nur Husni Emilson, S.H., S.pN., M.H., menekankan kepada para mahasiswa agar menuangkan gagasan kritisnya terkait hukum dalam jurnal baru tesrebut. Apalagi menurutnya, jurnal memiliki keunggulan pada nuansa dan rambu-rambu akademik, sehingga tulisan pada jurnal memiliki kualitas yang baik.

Dr. Nur Husni Emilson, S.H., S.pN., M.H., juga menuturkan, tujuan diadakannya jurnal mahasiswa “Marwah Hukum” ini adalah untuk memfasilitasi mahasiswa S1 dalam menuangkan gagasan akademisnya, berupa tulisan ilmiah.

“Tujuannya adalah ingin mempertahankan budaya literasi melalui penghimpunan tulisan-tulisan dari mahasiswa, agar tulisan bertahan lama. Ini Juga bentuk antisipasi mengingat sebelum mahasiswa menjadi seorang sarjana, ia harus membuat tulisan dalam jurnal. Ini adalah wadah bagi mahasiswa“ tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Dr. Nur Husni Emilson, S.H., Sp.N., M.H., mengucapkan terima kasih kepada para narasumber Seminar Peningkatan Kualitas Publikasi Mahasiswa Melalui Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah atas kesediaannya berbagi pengetahuan maupun ilmu dan pengalaman yang berkaitan dengan penulisan artikel ilmiah kepada mahasiswa.

“Penulisan artikel ilmiah ataupun makalah membutuhkan kesabaran, ketelitian, keseriusan. Sehingga diharapkan lewat pelatihan hari ini para mahasiswa dapat memahami dan mendapat gambaran dalam membuat karya tulis ilmiah yang baik dan benar” jelasnya.

Dr. Nur Husni Emilson, S.H., Sp.N., M.H., juga berharap melalui kegiatan ini mahasiswa dapat menambah pengalaman dalam penyusunan karya ilmiah dan ketika selesai mengikuti pelatihan ini dapat memberikan warna terkhususnya dalam menulis jurnal.

Penerbitan “Jurnal Marwah Hukum” Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Palembang sebagai media publikasi dan infromasi bagi Mahasiswa segenap civitas akademika Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah (UM) Palembang serta masyarakat pada umumnya.

Sejalan dengan visi Fakultas Hukum “Menjadi Fakultas Hukum yang Unggul Berdaya Saing Global dilnadasi Iman dan Taqwa. Agar Terwujudnya Pusat Penelitian Mahasiswa sebagai unit riset yang sehat, unggul dan inovatif dalam bidang penelitian yang mampu bersaing di era globalisasi”.

Hal tersebut disampaikan, Hasanal Mulkan, S.H., M.H., Kepala Redaksi Jurnal Mahasiswa “Marwah Hukum” dalam sesi Seminar Peningkatan Kualitas Publikasi Mahasiswa Melalui Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah saat launching Jurnal Mahasiswa ”Marwah Hukum” Fakultas Hukum UM Palembang, pada Jumat (4/11/2022).

Hasanal Mulkan, S.H., M.H., menuturkan bahwa Jurnal Mahasiswa ”Marwah Hukum” berupaya meningkatkan relevansi penelitian dengan kebutuhan Mahasiswa, mengembangkan payung penelitian yang melibatkan dosen, dan praktisi, mempublikasikan artikel hasil penelitian jurnal bertaraf nasional dan internasional, serta meningkatkan pemerolehan HAKI.

Dengan di Launchingkannya Jurnal Mahasiswa “Marwah Hukum” Jurnal Online Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Palembang Dirinya mendorong mahasiswa lebih gencar dalam menyebarluaskan serta memberdayakan hasil-hasil penelitian yang dihasilkan, berdaya guna bagi civitas akademika Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Palembang itu sendiri maupun bagi masyarakat luar.

Di samping itu, Hasanal Mulkan, S.H., M.H., menjelaskan bahwa untuk mendukung kelancaran kegiatan publikasi, Marwah Hukum menyediakan berbagai pedoman yang berlaku di Fakultas Hukumi, antara lain: Pedoman Penelitian Pedoman Penulisan Jurnal temple, Skripsi, Pedoman Penulisan Artikel, serta pedoman-pedoman lain yang berkaitan dengan kegiatan penelitian.

Hasanal Mulkan, S.H., M.H., mengharapkan semoga melalui jurnal online Jurnal Mahasiswa “Marwa Hukum” Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Palembang ini dapat memberikan informasi tentang peran mahasiswa dalam menulis publikasi dalam mendukung pencapaian visi Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Palembang yang bermanfaat bagi semua pihak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *